Tutorial SEO terlengkap berdasarkan pengalaman

SEO
Artikel cara belajar SEO banyak dicari oleh para blogger. Baik bagi mereka yang masih pemula, maupun yang sudah mahir sekalipun. Karena, menjadi seorang blogger dituntut untuk melakukan kegiatan SEO. Siapa sangka SEO itu ternyata rumit. Lebih susah dari pada menulis artikel. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial SEO sesuai dengan pengalaman pribadi. Mari, buang dulu air di dalam gelas. Jernihkan pikiran supaya anda bisa menangkap uraian tentang SEO dari saya. Saya pernah juara kontes SEO satu tahun yang lalu. Lomba SEO dengan target kata kunci MARGAHAYULAND. Pada saat itu, para suhu berkompetisi memperebutkan hadiah juara 1 sebesar 25 juta.

Sebelumnya, saya tidak memaksa anda untuk belajar SEO dari saya. Sebab, saya bukan pakar. Disini, saya hanya ingin berbagi pengalaman SEO. Apa yang sudah saya ketahui, akan saya berikan secara cuma-cuma. Gratis, cukup satu halaman ini. Setelah anda membaca sampai akhir, anda bisa langsung action. Untuk tidak menghilangkan rasa hormat, saya haturkan banyak terimakasih kepada orang-orang yang sudah berjasa dan memberikan kontribusi besar terhadap ilmu SEO yang saya miliki, yaitu: M. Khoirul Azmee, Mas Ricky Pratama, dan Bpk. Isparmo selaku pembicara internet marketing.

Mengenal SEO lebih jauh

Apa itu SEO? SEO adalah kegiatan optimasi mesin pencari. Dengan kata lain, membuat blog atau web berada di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Misalnya, Blog anda tentang (Nasi Pecel). Jika blog anda sudah di optimasi, seharusnya bila ada orang yang mencari Nasi Pecel di google search, maka blog anda berada di atas sendiri. Tentu saja, blog anda akan mendapatkan kunjungan lebih banyak. Apapun blog atau web yang anda kelola, anda berhak melakukan SEO pada blog atau web anda.

Persiapan

Sebelum anda melakukan kegiatan SEO pada blog anda, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan pada proses SEO. Mengingat, SEO itu sangat sensitif dan harus konsisten. Artinya Seo yang baik adalah dilakukan dengan teliti serta mengedepankan kualitas. Persiapan-persiapan tersebut yaitu:
  1. Menulis dengan baik. Rajin-rajinlah membaca supaya banyak istilah dan kalimat yang bisa anda hafal.
  2. Referensi tulisan. Carilah referensi untuk mengembangkan isi artikel yang anda tulis. Perpustakaan kota, perpustakaan kampus, beli bukunya langsung di toko buku atau gramedia, cari di wikipedia, cari di google book, berkunjung ke media berita online seperti kompas.com dan detik.com, dan berkunjung ke blog orang yang setopik dengan apa yang anda tulis.
  3. Riset kata kunci. Anda bisa mengandalkan Google keyword planner dan ubersuggest.org untuk mencari kata kunci yang tepat bagi blog anda.
  4. Microsoft office Exel. Gunakan Exel untuk menyimpan database backlink.

Pelaksanaan

Melakukan kegiatan SEO butuh keuletan. Diatas anda sudah mempelajari apa yang harus dipersiapkan. Sekarang saatnya untuk action. Bagaimana cara memulai SEO dengan baik, lalu menjaganya supaya blog tetap berada di halaman pertama google. Baik, pertama anda harus menulis konten berdasarkan kualitas. Kriteria konten yang berkualitas tidak lain yaitu memiliki nilai manfaat bagi para pengunjung. Caranya adalah tulislah konten anda terstruktur, detail, dan panjang. Menulis konten yang memiliki sisi SEO tidak boleh berbelit-belit dan menyusahkan pembaca. Tulislah dengan santai sesuai bahasa dengan istilah-istilah yang mudah dipahami. Lalu sisipkan beberapa kata kunci tertarget di setiap paragraf. Kata kunci harus bersifat dinamis. Gunakan sinonim dan juga istilah yang erat kaitannya dengan kata kunci yang anda bidik.

Jika menulis masuk dalam faktor SEO onpage, selesai menulis dan memposkan artikel atau konten, selanjutnya yaitu memberikan backlink pada artikel tersebut. Backlink dalam SEO sangat sensitif, sekali saja salah memberikan backlink, maka penurunan peringkat akan menghantam blog anda. Backlink sebaiknya relevan dan beragam. Tidak perlu memasang backlink banyak-banyak dalam sebuah web. Tiga sampai sepuluh sudah cukup. Yang penting jaga keragaman backlink. Tidak hanya beragam situs, anchor teks juga harus beragam untuk mendapatkan nilai natural. Pemberian backlink juga tidak harus setiap hari, tetapi konsisten atau melakukannya setiap hari justru memiliki nilai lebih di mata mesin pencari.

Konklusi

Pada dasarnya, melakukan kegiatan SEO atau optimasi sebuah blog adalah mudah. Menulis berdasarkan kualitas dan memberi backlink yang natural. Kita tidak perlu terjebak dengan tutorial SEO yang aneh diluar sana. Lakukan saja apa yang sudah saya jelaskan diatas. Saya jamin, perlahan-lahan blog anda akan diprioritaskan oleh google. Semoga tutorial SEO dari saya ini dapat membuka pikiran anda untuk melakukan optimasi lebih baik lagi. Anda yang ingin mendapatkan bimbingan dari para master SEO, bisa mengikuti Kursus SEO dan Internet Marketing Terbaik di DumetSchool. Nanti, disaat anda sudah berpengalaman, jangan pernah lupa untuk berbagi.
Terima kasih telah berkunjung ke Cericu.blogspot.com. Blog ini berisi kumpulan cerita lucu terbaru 2014 yang di khususkan bagi siapa saja yang ingin menghibur diri. Saya (Yadik Hendriyanto) adalah owner Blog Cericu. Di internet, saya dikenal sebagai praktisi SEO. Dimana ada kontes SEO, saya ada disana. Dan sekarang ini, saya mengikuti lomba SEO dengan topik Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Profesional . Thx